Thursday, June 9, 2011

SENI MURAL

 Belakangan ini, gue lagi tertarik sama yang namanya mural art. awalnya karena gue baca majalah Cosmo Girl edisi bulan Juni yang lagi ngebahas tentang ART. dari situ, gue mulai tau sama yang namanya mural art ini. awalnya gue pikir mural art adalah seni melukis pada dinding, tembok, atau permukaan luas lainnya yang sebatas untuk menghias dinding kamar atau semacamnya. 
Tapi ternyata seni ini punya arti yang lebih mendalam. seni ini awalnya dibuat untuk mengkritik, melecehkan, memuji suatu keadaan masyarakat atau politik di sekitar. tapi seiring dengan berjalannya waktu, seni ini menjadi lebih bebas dan tidak terbatas untuk maksud tertentu (buruk) tapi juga memberikan pesan moral atau bisa saja hanya sekedar untuk mempercantik ruang kosong yang ada.
Berbeda dengan grafiti yang lebih menekankan hanya pada isi tulisan dan kebanyakan dibuat dengan cat semprot maka mural tidak demikian, mural lebih bebas dan dapat menggunakan media cat tembok atau cat kayu bahkan cat atau pewarna apapun juga seperti kapur tulis atau alat lain yang dapat menghasilkan gambar. (wikipedia)
Di Indonesia sendiri, kesenian mural sendiri sudah tidak asing. terlebih jika kita datang ke daerah Jogya. hampir setiap sisi tembok disana tidak ada yang polos. semua telah terisi oleh gambar-gambar para seniman mural. menurut sumber yang gue baca, sebelum melakukan aksinya, seniman-seniman di Jogya ini terlebih dahulu mengadakan pertemuan dengan para warga sekitar untuk menentukan tema apa yang akan dijadikan objek lukisan para seniman itu. biasanya tema-tema itu menyangkut tentang identitas daerah tersebut.


Diluar negri lebih heboh lagi. contohnya Bangunan Hausmannian di Avenue George V di Paris telah disebutkan sebagai melting building (gedung meleleh) ini:


Beberapa contoh lukisan mural di Dunia yang ga kalah dahsyatnya:

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...