Wednesday, June 15, 2011

Trip to Cirebon

Alhamdulillah,, akhirnya selesai juga ni tulisan. hehehe...


Jujur, gw Bosen abis di minggu2 ini. ujian udah kelar, mau pulang tapi sayang tgl 16 ada rencana jalan2 sama anak2. rugi banget ongkos pulangnya. udah gtu, anak2 lain pada ada urusan sendiri2. kepala udah mau meledak mikirin nilai yg satu per satu mulai keluar. dan hampir smuanya keluar target. ditambah stress karna kesepian, ga ada kerjaan, berantem ama pacar. FIX!! akhirnya gw memutuskan untuk jalan2 ke cirebon. hahahaa... kenapa Cirebon?? karena ada temen gw Bety disana sama sekalian ngunjungin rumah Budhe, udah gtu Cirebon ga terlalu jauh dr Bandung. walaupun ga ada temen dari bandung, ga pernah kesana dan ga atau jalan,, Cirebon, I'm Coming!!!

Pertama-tama gue harus naek angkot ampe Cibiru. hemmm,,, kalo dari Soekarno Hatta, gue naik angkot coklat gede bage ke arah Crefour dulu, abis itu turun di terminal, baru lanjut angkot yang ke Cibiru. Sampe Cibiruu,, Jeng-jeng!!! ternyata cibiru adalah tempang nunggu bis2 gede di pinggir jalan. ga ada halte, ga di terminal jg. haduhh,, mana banyak preman. tapi udah kepalang tanggung. gue harus maju teruss!! sekitar setengah jam nunggu akhirnya bis Bhineka dateng. Untung bisnya bagus. jadi gue bisa Tidur deh. perjalanan dari Bandung ke Cirebon sekitar 4-5 jam. sampe di Cirebon, gue harus turun di perempatan kedawung (lagi-lagi bukan halte atau terminal). dari situ gue naek becak sampe rumah budhe gue. besoknya baru deh gue Jalan2 sama Bety.
Pagi sebelum jalan2, gue maen dulu ama anak tetangga budhe gue. hahaha... gue lupa namanya. maaf ya dek. 
Tempat pertama yang gue kunjungin adalah keraton kesepuhan. untuk masuk kesini, kita harus beli tiket masuk. murah kok. kalo ga salah inget 5rb per orang (untuk wisatawan domestik). abis itu, kita dipandu sama guide dari sana. Guidenya ramahhh banget. lengkap dengan pakaian adat jawanya. selain di ajak keliling-keliling keraton, kita juga diajak masuk ke museum yang isinya ada kereta kencana yang dipakai sama raja2 jaman dulu, ada barang-barang rampasan perang sama ada juga benda-benda bersejarah peninggalan kerajan lainnya.
Pintu Bacem


Lukisan 3D. Di lihat dari sudut manapun, kaki  orang di lukisan itu akan menghadap ke kita
Kita juga ke keraton Kanoman. Tinggal naek becak dari keraton Kesepuhan. Kayaknya di Cirebon emang kemana-mana deket dan hampir dimana-mana ada becak. jadi dari tempat satu ke satunya bisa ditempuh pake kendaraan tradisional roda 3 ini. Nah,, ga kaya di keraton kesepuhan, untuk masuk ke Keraton kanoman ini ga dipungut biaya, tapi ga ada pemandunya juga. keraton yang ini jauh lebih kecil. cuma ada 2 bangunan yang berbentuk rumah tapi punya halaman yang cukup luas dan menurut gue di halaman ini baunya aneh. Mungkin karena emang deket pasar tradisional kali ya.. (tepat di depan keraton)
Perjalanan ke keraton Kanoman
Kalo ngomongin soal makanan di Cirebon, yang wajib lo cobain itu Nasi Jamblang. hampir sama kaya angkringan di daerah lain. banyak pilihan lauknya. Nah,, sambel Jamblang itu yang manteb. keliatannya sih cabe semua, tapi waktu di cobain ga pedes sama sekali. abis itu, harus nyobain empal gentong mang darma atau empal asem di plered juga. tapi gue ga sempet kesana waktu itu. nah, gue diajakin temen gue jajan di tempat favoritnya. tepatnya di depan SMAn 2 Cirebon, ada mobil pick up yang di sulap jadi gerobak jajanan. mobil jual kentang goreng, otak-otak, nuget2, minuman2 dll. Temen gue bilang, ibu2 ini mulai jualannya dari gerobak kecil, sampe akhirnya bisa kaya gini :
Ga ketinggalan, gue juga ke Masjid Agung di daerah Cirebon, yaitu Masjid AT-TAQWA. Waktu gue kesana malem harinya sempet ada ancama bom. saat itu emang lagi pengen diadain pengajian buat nyambut maulid nabi. jadi keadaan disana rame dan tim gegana juga udah siap siaga. untung ternyata cuma rumor. Oke, masjid ini tuh gede dan bagus banget. dia juga punya menara 13 lantai yang bisa kita naikin dari pagi sampe jam 3 siang kayaknya, cuma dengan bayar 3000 rupiah. Mirip2 lagi ada di MONAS paling ujung gtu. Oiya, kalo pintu menaranya masih tutup, coba aja ke kantor sekretariat masjidnya di belakang. trus minta di bukain deh sama petugasnya. hehehe...


sebelum lanjut naik, foto2 dululahh..
lantai 13.. finally.
masjid dilihat dari atas menara
Pemandangan kota Cirebon dari atas. lautnya keliatan.
pintu menara
liat!! ada kereta lewat. cho,,cho,,
haduhh,, cupu sekali.. anginnya gede boo..
OTW PUYANGGG.. BYE2
Tempat yang belom gue datengin dan pengen gue datengin lain kali kalo ke Cirebon lagi:
- Gua Sinyaragi

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...