Sunday, September 11, 2011

PRODI SISTEM INFORMASI




Tenaga ahli yang ngerti Bisnis dan Manajemen sekaligus Teknologi informasi, lagi banyak dibutuhkan sekarang ini. Percuma kalo kita punya bisnis tapi ga bisa manage. atau punya punya bisnis dan jago manage, tapi gaptek alias ga terbuka sama teknologi yang ada sekarang, atau malah gadget freak tapi cuma buat seneng-seneng doang, ga dimanfaatin buat bisnis. Nah, di program studi Sistem Informasi ini kurang lebih mencakum 3 hal paling penting itu. Prodi S-1 Sistem Informasi mengasah kemampuanmu untuk merancang sistem informasi dalam dunia bisnis secara efektif dan efisien, dengan mengimplementasikan teknologi informasi terkini dalam berbagai aplikasi. Dengan semua kompetensi itu, kamu bakal siap berkarier di bidang sistem informasi, manajemen dan teknologi informasi. Seru kan?!

pertanyaan yang sering / pernah muncul :

*Lulusannya nanti bisa kerja dimana?? bagian apa??*
Pada dasarnya, lulusan SI mempunyai peluang besar dalam bidang apapun. seperti yang udah dijelasin di atas, belajar prodi sistem Informasi itu mengandung 3 unsur: bisnis, management, dan teknologi. logikanya ya, hari gni, semua serba online, serba gadget, semua perusahaan butuh keahlian management, dan semua orang pasti mau punya bisnis. so, ga perlu ditanyain lagi kan?? tapi smua kembali ke mahasiswa tersebut, ilmu apa yang di kuasai nya, dan klo bisa, jgn hanya mengandalkan ilmu yang di dapet dari kampus aj, tapi belajar dari temen2 or sumber2 lain jg. Program Studi Sistem Informasi akan menghantarkan para lulusan memiliki prospek karir sebagai berikut: Chief Information Officer, IS Manager, e-Business Analyst, Business Application Programmer,EDP Manager, Managing Director of Software House, Web System Manager, Web Designer, Computer Game Programmer, dan Managing Director of ISP.
*Mata kuliah yang dipelajarin apa aja kakak??*
Ini penting nih!! soalnya menyangkut jalan kehidupan seorang mahasiswa selama kurang lebih 4 tahun di prodi Sistem Informasi ini. Jadi, mata kuliah yang ada di prodi SI ini nantinya antara lain (beda-beda di setiap kampus pastinya), Pemrograman : akan ada beberapa bahasa pemrograman yang akan dipelajari, di khayati, dimengerti, dikuasai, dan wajib diujiankan dan tentunya wajib lulus matkul2 ini. jurusan ini juga mempelajari computer networking yang akan sangat bermanfaat untuk dunia kerja. Management : antara lain management basis data (hubungannya sama database), management informasi, management keuangan, managemen organisasi dll. yang berhubungan dengan sosial : contoh: perilaku organisasi, interaksi manusia komputer. dan yang berhubungan dengan bisnis: inovasi dan kewirausahaan, analisis kelayakan dll lagi.


*Hemm,, Kalo gitu bedanya Informatika sama Sistem Informasi apa dong??*
perbedaan jurusan teknik informatika dan sistem informasi mungkin mirip dengan perbedaan jurusan kedokteran dan kesehatan masyarakat. yang satu lebih bersifat teknis, satunya lebih bersifat manajerial. Konon dokter bertugas mengobati orang sakit, sarjana kesehatan masyarakat bertugas mengelola rumah sakit (menjadi kepala rumah sakit, puskesmas, dengan kata lain: menjadi bosnya dokter). berikut ini, sedikit tentang perbedan 2 matkul tsb:

Kompetensi lulusan
Sistem Informasi Konsentrasi Bisnis
Bidang minat Sistem Informasi Bisnis akan menghantarkan mahasiswa untuk memiliki kompetensi dalam bidang teknik pendayagunaan data untuk mendukung aktivitas bisnis, serta pengambilan keputusan yang akurat. Para mahasiswa akan memiliki kompetensi untuk menganalisis, merancang, serta menggunakan perangkat lunak untuk solusi bisnis, termasuk manajemen data, e-Commerce, dan otomasi perkantoran.

Teknik Informatika Konsentrasi Rekayasa Perangkat Lunak
Bidang minat Rekayasa Perangkat Lunak akan menghantarkan Anda untuk memiliki kompetensi sebagai seorang software engineer yang memiliki pengetahuan yang kuat untuk menganalisis, merancang, membangun, mengevaluasi dan mengelola pengembangan perangkat lunak. 

Konsentrasi studi
Kompetensi lulusan Sistem Informasi Konsentrasi Multimedia & Web
Bidang minat Sistem Informasi Multimedia akan menghantarkan Anda memiliki kompetensi untuk merancang dan membuat sistem informasi dengan gambar-gambar, suara dan aplikasi internet. Teknik dasar komputasi dan kreativitas merupakan bagian penting dari bidang minat ini.

Teknik Informatika Konsentrasi Jaringan Komputer
Bidang minat Sistem Komunikasi dan Jaringan Komputer akan menghantarkan Anda untuk memiliki kompetensi dalam merancang dan menerapkan sistem komunikasi, menganalisis pengiriman dan penerimaan berbagai data dan informasi secara aman, mendesain jaringan skala lokal (LAN), metropolitan (MAN) dan area luas (WAN), memiliki keterampilan sebagai Network Administrator dan Network Engineer. 

Yak. itulah secuil ilmu tentang program studi Sistem Informasi yang tidak lain tidak bukan adalah program sudi yang sedang saya jalani saat ini di Institut Teknologi Telkom. semoga bermanfaat!!

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...