Thursday, October 6, 2011

ANDROID

Kayaknya udah basi banget yah baru bahas soal Android sekarang. tapi seperti kata pepatah, better late than nothing. haha.. jadi ya, ga ada salahnya kan. Okey, seperti yang kita ketahui, kalo android itu generasi baru dunia telephon selular. kenapa android bisa disebut-sebut debagai ponsel generasi masa depan?? bahkan pamornya mulai ngalahin Blackberry. dan gue sendiri, lebih tertarik untuk beli Pondel Android ketimbang Blackberry. Jangan tanya alesannya ke gue, karena gue cuma sebatas tau, kalo Android itu keren, lo ga perlu loading buat Internetan, bisa bikin aplikasi sendiri, bisa upgrade sendiri, bener-bener kaya bawa laptop ukuran mini aja. itu yang gue tau. dulu. nah, sekarang gue mau meluruskan semuanya..

Apa sih Android itu sebenernya??



Jika sekarang seseorang mempunyai PC di rumah, dan notebook untuk dibawa ke kantor atau kuliah, serta berkomunikasi pake telepon seluler. Maka pergerakkan yang kemudian terjadi sekarang adalah, orang mulai berpikir bagaimana menyatukan semuanya dalam satu genggaman?? Sebenarnya hal itu udah mulai dipenuhi dengan munculnya PDA/smartphone, di mana seseorang dapat merangkum semua kebutuhan komputasinya dalam satu genggaman. Dan perkembangan inilah yang membuat Google berambisi untuk menguasai pangsa ini. Maka, muncullah ANDROID.
Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. (Jadi, lo bisa bikin aplikasi sendiri pake Android) Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk GoogleHTCIntel,MotorolaQualcommT-Mobile, dan Nvidia.
Android juga digunakan di smartphone dan juga tablet PC. Fungsinya sama seperti sistem operasi Symbian di Nokia, iOS di Apple dan BlackBerry OS. Android tidak terikat ke satu merek Handphone saja, beberapa vendor terkenal yang sudah memakai Android antara lain Samsung , Sony Ericsson, HTC, Nexus, Motorolla, dan lain-lain. 
Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.
Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).
Kenapa Android lebih murah dari BB atau Smartphone lain??
Keunggulan utama Android adalah gratis dan open source, yang membuat smartphone Android dijual lebih murah dibandingkan dengan Blackberry atau iPhone meski fitur (hardware) yang ditawarkan Android lebih baik.
apa Kelebihan ANDROID dibanding Smartphone lain??
  • Android Tersedia dengan berbagai bentuk dan ukuran
  • merupakan sistem operasi open source (terbuka) sehingga tiap orang berhak mengembangkannya.(Karena Android adalah sebuah open source platform maka banyak banget aplikasi dan game yang gratis)
  • kinerja aplikasi di platform Android adalah di atas rata rata, semua aplikasi termasuk game 3D berjalan sangat lancar dan TIDAK ngehang.
  • Linux (kernel 2.6) yang menjadi Operating System di Android ini sangat stabil (bagi Linux sudah biasa lah)
  • browsing internet pakai Android sangat enak karena kompatible dengan lebih dari 90% website di dunia
  • Android juga dapat membawa pengguna telepon genggam menjelajahi kawasan yang diinginkan melalui teknologi Sistem Pemetaan Global (GPS)
  • dengan terintegrasinya VoIP(Voice over Internet protocol) pada GPhone menelpon tidak perlu lagi menggunakan pulsa tapi cukup menggunakan Google Talk yang telah disediakan pada akun Gmail.
  • menggunakan touch screen capative (hanya bisa dipakai dengan jari tangan ASLI alias tidak bisa pakai Stylus) dan memiliki Accelerometer chip untuk membolak balik layar dari potrait ke landscape untuk berbagai kebutuhan yang berbeda beda.
  • dan yang pasti, harganya lebih murah tadi. =D   

Incieran saat ini!!!

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...