Wednesday, November 16, 2011

Sistem Informasi Keuangan





Sistem Informasi keuangan mekanis telah digunakan dalam bisnis selama 100 tahun atau lebih, Mesin kartu berlubang, yang menjadi satu-satu nya alternatif bagi perusahaan besar sebelum adanya komputer, digunakan terutama dalam fungsi keuangan. Aplikasi mesin ini terbatas untuk digunakan dalam pemrosesan data akuntansi dasar, sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan informasi manajer keuangan.
Kita telah mengetahui bersama bahwa fungsi keuangan berkaitan dengan arus uang dalam perusahaan. Karena dengan adanya pemasukan uang dalam sebuah perusahaan, akan mendukung proses produksi, pemasaran dan aktifitas lainnya. Kemudian, anggaran tersebut harus dikontrol untuk memastikan bahwa dana digunakan secara efektif. Semua divisi dalam sebuah perusahaan pasti memiliki anggaran, dimana dalam penggunaan nya merupakan tanggung jawab dari masing-masing manajer divisi.
Sistem Informasi Keuangan merupakan Sistem Informasi yang memberikan informasi kepada orang atau kelompok baik di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan mengenai masalah keuangan perusahaan. Informasi yang diberikan disajikan dalam bentuk laporan khusus, laporan periodik, hasil dari simulasi matematika, saran dari sistem pakar, dan komunikasi elektronik.

Pada saat merancang sebuah Sistem Informasi Keuangan, harus memperhatikan beberapa prinsip berikut, yaitu :
1.       Cepat, Sistem Informasi Keuangan harus dapat menyajikan data yang diperlukan tepat pada waktunya dan dapat memenuhi kebutuhan
2.       Aman, Sistem Informasi Keuangan harus mampu menjaga harta milik perusahaan, untuk dapat menjaga harta milik perusahaan, maka Sistem Informasi Keuangan harus disusun dengan pengawasan internal yang ketat
Murah, biaya yang digunakan untuk membuat Sistem Informasi Keuangan ini harus dapat ditekan sehingga relative tidak mahal.

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...