Tuesday, April 24, 2012

Tips Saat Memilih dan Menggunakan Parfum

Perfume pastinya udah ga asing lagi di telinga kita. Apalagi buat kaum cewek, perfume bisa jadi senjata ampuh buat naikin pede kita. Kalo badan kita bau sangit matahari atau keringat gara-gara harus lari-lari dulu lantaran telat kuliah atau ke kantor, ga banget kan?? apalagi kalo sampe kelas kita langsung kipas-kipas badan kita karna kepanasan. Beh,,, semerbak deh tuh bau kelas. Untuk memilih perfume juga bukan perkara mudah. nah, ini ada beberapa tips memilih parfume yang baik dan benar yang gue kumpulin dari berbagai artikel. semoga bermanfaat ya... enjoy!
  1. Pastikan kamu membeli parfum di siang hari. karena saat siang hari indra penciuman sedang bekerja dengan baik. Hidung akan sangat peka pada bau ketika siang sampai sore, sehingga kamu bisa membandingkan aroma dengan mudah.
  2. Semprotkan parfum yang disukai dan tunggu selama lima menit. Ga selama itu juga gapapa sih, pokoknya biarkan parfum tersebut bercampur dahulu dengan aroma tubuh. Kalo alkohol sudah memudar, kita akan mengetahui aroma parfume yang asli.
  3. Jangan mencium parfum (langsung) dari botol. Kenapa? karena kita ga akan menemukan aroma sebenarnya. Coba semprotkan pada area nadi agar wanginya memancar ke luar.
  4. Hindari membeli parfum saat sedang hamil dan mengalami perubahan hormon, karena sensor persepsi Anda sedang tidak stabil.
  5. Jangan menggunakan parfum atau wewangian lain saat sedang memilih parfum. Aroma tubuh Anda akan menyamarkan aroma yang akan dipilih.
  6. Kalo hidung kita sudah tidak bisa membedakan aroma parfum, gunakan biji kopi. Aroma dari biji kopi dipercaya dapat menetralisir penciuman Anda. tenang, kita ga usah repot-reput bawa biji kopi dari rumah, biasanya suka disediain kok di toko parfumnya.
  7. Jangan coba lebih dari tiga jenis parfum dear. Hidung kita ga akan peka mencium begitu banyak jenis wewangian, pada waktu yang sama. (sumber: cosmo girl magazine)
Nah, Perfum sendiri tentunya punya jenis ama kandungan yang beda-beda. pernah denger kan Eau de Toilette atau Eau de Perfume? ini dia maksud jenis-jenis parfum itu...


Eau de Cologne (EDC) 
Jenis wewangian ini yang paling ringan. Kadar alkoholnya paling tinggi dan hanya terdapat sekitar 5 persen campuran essence, sehingga wanginya cepat menguap. Meski tergolong ringan, cologne tetap jadi pilihan karena memiliki aroma yang menyegarkan tubuh dan tahan hingga 2-3 jam. Cocok digunakan sehabis mandi seperti body spray dan body splash.

Eau de Toilette (EDT)
Jenis wewangian ini satu tingkat lebih tinggi diatas cologne. Kadar alkoholnya tidak setinggi cologne, dengan kadar essence-nya sekitar 12 persen, sehingga wanginya cukup tahan lama. Jenis ini paling banyak dicari karena aromanya ringan, tidak terlalu tajam, dan awet hingga 6-12 jam.





Eau de Perfume (EDP)
Wanginya tahan lama hingga 24 jam. Jenis wewangian ini memiliki kadar alkohol yang lebih sedikit, sementara kadar essence-nya berkisar 15-22 persen, sehingga aroma wanginya kuat dan tahan lama sesuai bila digunakan saat malam hari seperti saat datang ke acara-acara formal seperti pesta.



Perfume 
Dari semua jenis wewangian, perfume paling awet dan bisa bertahan hingga 48 jam. Kadar essence-nya mencapai 22 persen tanpa campuran alkohol. Oleh kerena itu, hindari memakainya berlebihan karena wanginya cukup menyengat. 
(sumber: Gadis magazine)



Tips untuk pemakaiannya:
  1. Sesuaikan wanginya dengan body lotion kalian. Sebaiknya pakai body lotion dulu sebelum menyemprotkan perfume
  2. Semprotkan perfume pada kulit. karena pada jenis parfum tertentu akan meninggalkan noda pada pakaian.
  3. Semprotkan parfum di bagian pergelangan tangan bagian dalam, siku lengan bagian dalam, belakang telinga, dada dan leher. Karena, di tempat-tempat tersebut membuat wangi dari parfum bertahan lebih lama.
  4. Kebiasaaan sebagian orang adalah menggunakan parfum pada pergelangan tangan bagian dalam lalu menggosok-gosokkan kedua pergelangan tangan. Cara ini sebenarnya akan menghilangkan wangi dari parfum itu sendiri. Jadi, biarkan parfum mengering dengan sendirinya. 
  5. Pake parfum dulu baru pake perhiasan. Karena kadar alcohol yang tinggi, semprotan parfum dapat membuat aksesoris dan perhiasan berubah warna. Sehingga, aksesoris tidak terlihat menarik. 
  6. Pemakaian parfum yang berlebihan bisa membuat orang disekitamu menjadi pusing. Gunakan parfum sesuai dengan kulitmu. Untuk kamu si kulit kering membutuhkan semprotan parfum yang lebih banyak. Sedangkan bila kulit berminyak, cukup semprotkan parfum sedikit saja.
  7. Pastikan parfum kamu tertutup dengan rapat. Simpan parfum di tempat yang kering dan sejuk serta terhindar dari sinar matahari. Perlu diketahui bahwa dalam jangka waktu lama aroma parfum dapat berubah. Maka sesuaikan ukuran isi parfum dengan kebutuhan Anda, agar parfum tidak tersimpan terlalu lama dan mengubah aroma menjadi tidak lagi harum.

3 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...