Saturday, May 12, 2012

Mengurus KTM, KTP dan kartu ATM yang hilang

Seperti yang udah pernah gue ceritain kmrn, belom lama ini gue baru aja kena musibah kecopetan, dompet gue ilang, dan gue jadi punya PR tambahan yaitu ngurus semua surat-surat gue yang ilang. Nah, disini gue mau berbagi pengalaman waktu ngurus kartu-kartu ini nih...
     Ketika lo kehilangan surat-surat penting atau apapun yang menyangkut data-data pribadi lo apalagi yang berhubungan sama pihak lain, contoh: bank, institusi, kampus dll. hal utama yang harus lo buat adalah surat kehilangan dari kepolisian. untuk ngurus surat atau kartu2 yang hilang itu, surat kehilangan sudah pasti akan dibutuhkan. dan perlu diingat surat kehilangan ini ada masa berlakunya. kurang lebih 2 minggu dari waktu surat ini dibuat. selepas itu, surat ini udah ga bisa dipake lagi. Nah, secara waktu itu kejadiannya di Bandung, dan KTP, Kartu ATM dan kartu-kartu lainnya harus diurus di Jakarta, Jadi yang gue urusin pertama adalah KTM gue. 
    Buat gue, KTM tuh penting banget, secara KTM itu nunjukin jadi diri lo yang seorang mahasiswa salah satu perguruan tinggi, selain itu, di kampus gue KTM ini diperluin waktu ujian. Apalagi buat anak-anak yang suka  amnesia bawa kartu ujian. dan yang lebih penting dari itu adalah, KTM ini adalah akses gue buat masuk ke perpus kampus. FYI, perpustakaan kampus gue itu PeWe banget tempatnya. isinya bukan cuma buku-buku doang, ada salah satu ruangan favorit gue yang walaupun letaknya di lantai 5, tapi disitu gue bisa tidur, nonton tv, main internet sambil  diiringi dengan angin sepoi-sepoi dari AC ruangannya, walaupun kita harus manjat bangku buat nyalain ACnya dan kadang-kadang jadi kedinginan sendiri. dan hebatnya lagi, entah kenapa ruangan itu tuh sifatnya bener-bener private. Jadi kalo di ruangan itu udah ada orang banyak (biasanya se-geng), maka udah dapat dipastikan ga akan ada orang yang berani masuk ke ruangan itu. karena tempatnya jadi ga private lagi kalo udah ada kelompok lain di dalemnya kan? Hahaha... 
      Oke. fokus! jadi cara ngurus KTM yang ilang itu adalah (beda-beda pasti tiap kampus), kita harus transfer sejumlah uang ke rekening kampus buat biaya pembuatan kartu baru. kalo di kampus gue, IT TELKOM, lo tinggal dateng ke bank belakang, isi salah satu form pembayaran yg disediain disitu sesuai maksud dan tujuan kita, trus tinggal ke mba2 teller sambil ngasih duit 50 ribu deh. abis itu kita bakalan dapet tanda terimanya. tanda terima itu kita serahin ke bagian BAA (Badan Administrasi Akademik) disatuin sama surat kehilangan dari kepolisian dan KSM terakhir kita. abis itu kita harus ngisi nama sama tanda tangan di buku permohonan pembuatan KTM. Selesai deh. KTM baru kita bakalan jadi 2 hari ke depan. tapi namanya juga Indonesia, kayaknya ga afdol kalo ga ngaret, jadi waktu itu 2 hari kemuadian KTM gue belom jadi. mana mba2 yang jaga di BAA reseh lagi. dateng jam 9 belom ada. disuruh dtg lagi jam 1. jam 1 gue dateng blm ada lagi, trus gue disuruh dateng lagi jam 4. abis jam 4 dateng, belom ada juga. dan akhirnya disuruh dateng besok. Kampret!! kalo ga yakin jadi, ga usah nyuruh2 dateng berkali-kali gitu juga. atau minimal dipastiin dulu lah KTMnya udah jadi apa belom! Ups. emosi sodara-sodara...

        Setelah urusan KTM selesai, gue harus buru-buru ngurus KTP dan kartu ATM. diantara 2 benda imut ini, yang harus lo urusin duluan adalah KTP. karena bank pasti bakalan minta KTP kita, buat ngurus KTP ini, lo tinggal nyerahin foto 2x3 3 lembar, nyerahin surat kehilangan dari kepolisian, nyerahin fotocopy KK, sama ngisi form apaan ga tau deh apa namanya.. untuk selanjutnya gue serahkan sepenuhnya ke bapak RT gue. gue mah tinggal tau beres aja. Tapi, karena KTP ini ga mungkin jadi cepet, dan gue harus ngurus Kartu ATM, maka gue harus punya Surat Keterangan Domisili yang dikeluarin sama RT. Nah, surat ini ibaratnya pengganti KTP sementara.
       Buat ngurus Kartu ATM yang ilang (di kasus gue, ATM bank Mandiri), lo harus punya : Surat keterangan kehilangan dari kepolisisan, Surat keterangan Domisili dari RT tempat lo tinggal, Buku Tabungan,  KK. semuanya lo kasih ke CS bank tempat lo buka rekening, dari cabang lain bisa sih, tapi makan waktu lebih lama kayaknya. lo juga bakalan dikenain biaya pembuatan kartu baru sebesar 15 ribu rupiah, abis itu lo harus ngisi form penggantian kartu, dan selesai. lo akan dapat kartu ATM instan baru. kartu ini baru bisa dipakai 1 jam setelah serah terima. oiya, lo nanti juga bakalan disuruh ke teller buat bikin PIN baru. agak misunderstanding gue di proses ini, karena mba2 tellernya kebingungan waktu gue bilang gue mau bikin PIN baru dan dia minta berkas-berkas kehilangan gue lagi. secara semuanya udah gue kasih ke CS. akhirnya gue harus cerita panjang lebar lagi ke teller satu ini, baru akhirnya dia ngerti dan mengijinkan gue buat pim ATM baru. 

selesai deh. :)

5 comments:

  1. Thanks sista sangat membantu banget,barusan saya kehilangan dompet dan info ini sangat saya butuhkan :)

    ReplyDelete
  2. Sama-sama.. senang bisa membantu :)

    ReplyDelete
  3. Mba..kalo hilangnya di jogja..dan KTP, SIM asal kalimantan..aku harus ngurus di kalimantan gitu ya ?

    ReplyDelete
  4. tips yang bermanfaat mbak, tapi sekarang udah jamannya ektp mbak apa sama cara ngurusnya ya? :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...