Friday, July 6, 2012

Ngabring Biking. Bike sharing system Bandung

Setelah 3 minggu 'liburan' di Jakarta. akhirnya gw balik lagi ke bandung dengan misi mengikuti pelatihan SAP dan bersilaturahmi sama dosen pembimbing. tapi diluar misi itu, jalan-jalan plus shopping tetep ga boleh dilewatin. hehehe.. nah, pas gw lagi jalan nih, ampe buah batu gw liat pemandangan aneh.

 Dari bentuknya yang kaya shelter atau halte in Indonesia, banyak sepeda yang seragam disitu, dan ada kotak gede yang isinya orang disebelah shelternya (mirip loket penjualan tiket di pasar malem). ini sih pasti tempat penyewaan sepedah kaya di luar negri gtu, tapi ini versi tradisional manualnya pastinya. Gokilnya, sepanjang buah batu, sherter yang gw temuin ga cuma satu. 
Nah, usut punya usut nih, ternyata bener dugaan awal gw. ini adalah sistem baru yg diterapkan sama pemuda-pemudi bandung untuk mengatasi kemacetan dan mengurangi polusi udara di Bandung. Namanya ngabring biking, kalo ga salah sih artinya nyepeda bareng2. kalo ga salah lho yaa. Untuk saat ini, shelternya baru ada di daerah dago sama buah batu. ada 5 shelter di masing2 daerah itu. Sistemnya mirip2 sama yg di luar negri. lo boleh pinjem sepeda dari sherter mana pun dan ngembaliinnya di shelter manapun juga. ga harus di shelter yang sama waktu lo pinjem. bedanya, kalo disini, lo harus jadi anggota dulu baru bisa nikmatin fasilitas itu. kalo lo belom jadi anggota, lo harus ninggalin KTP di tempat awal lo minjem, dan itu artinya, lo harus balikin ke tempat yang sama buat ngambil KTM lo lagi.  Di masing-masing shelter ada 15 sepeda (satu eletric bike dan sisanya mountain bike, city bike dan folding bike) yang siap disewakan dengan tarif Rp2.000-Rp5.000/jam, tergantung dari jenis sepedanya. Buat tarif weekendnya beda lagi, 10000/jam. kalo proyek ini dikembangin lebih jauh lagi, pastinya bakalan bisa jadi solusi yang bagus banget. buat para tourist atau pengunjung kota Bandung yang kebanyakan semua pada dateng pas musim liburan pendek atau harpitnas dan bikin Bandung tiba-tiba jadi super padat di hari-hari itu, tentunya pilihan buat bersepeda ria keliling kota Bandung bisa jadi pilihan yang pas ketimbang semua orang bawa mobil pribadi masing-masing cuma buat muter2 FO di tengah kota yang kebanyakan jaraknya ga berjauhan satu sama lain. Sukses deh buat kota Bandung.

2 comments:

  1. mudah2an segera menyusul di kota2 lain :)

    ReplyDelete
  2. Setujuu... udah bagus bgt nih idenya, tinggal dirapihin lg sistem ama publikasinya biar lebih merajalela wabahnya.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...