Saturday, August 4, 2012

Cara membuat reply comment di blogspot

     Sekedar berbagi ilmu yang baru di dapet aja. siapa tau ada yg bernasip sama kaya gw. Jadi kemungkinan besar ini emang bawaan dari template blogger yg gw pake yaitu ga ada fungsi reply comment. menurut gw ini mengusik ketenangan gw karna setiap gw mau bales comment tertentu, jadinya malah seolah-olah gw comment postingan gw sendiri. aaa... ga suka. alhasil, gw harus nambahin fungsi ini scr manual deh. -__-"
     Setelah berkelana bersama mbah Google, ternyata seperti dugaan gw, emang banyak bgt tutorial2 buat masalah reply comment ini. tapi namanya jg zaman too much Information, kita harus pinter2 milih informasi yang kita dapet. dari sekian banyak informasi itu, akhirnya ketemu jg cara reply yg gw mau, yang disebutnya multy reply. gw dapetnya dari blog edikomputer. cara ini ngebuat reply kita jadi lebih spesifik dan kena sasaran dibanding dengan cara-cara lain yang kebanyakan cuma nambahin mention orang yg pengen kita reply di comment kita, jatohnya kaya di twitter gtu. sayangnya gw lupa capture hasil reply mention ini. pdhal udah gw coba. :( oke. langsung aja, gini caranya:
1. Login ke blog lo masing-masing
2. Klik menu template kemudian klik edit html
3. Kalo ada semacam warning, diabaikan aja yah. lanjut terus..
4. (optional) back up code html kamu. cara simpelnya copy semua kode yang ada di kotak itu ke notepad, buat jaga-jaga kalo ada kesalahan nantinya, kamu masih punya kode html yg masih virgin. untuk yang udah expert codingan kaya gw, jiahhh,, step ini bisa dilewatin. karena ini termaksud ilmu kodingan dasar bgt. (fyi, gw jg ngeback up dulu kok sblmnya.) hahahaa...
5. ceklist Expand Template Widget.  jangan sampe lupa.
6. cari kode ini :
<b:include data='post' name='comments'/>
cara cepetnya klik CTRL+F terus paste kode diatas. nanti dia langsung cari otomatis. kalo gw sih ketemu 4. 
7. hapus kode yang udah kita temuin tadi, terus ganti sama kode ini (semuanya ya, kalo nemu 4, ya ganti 44nya):
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>

<b:if cond='data:post.showThreadedComments'>
<b:include data='post' name='threaded_comments'/>
<b:else/>
<b:include data='post' name='comments'/>
</b:if></b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<b:if cond='data:post.showThreadedComments'>
<b:include data='post' name='threaded_comments'/>
<b:else/>
<b:include data='post' name='comments'/></b:if></b:if>

8. kalo udah, save deh.

Ini perbedaannya. yang no 1 itu sebelum pake reply, maksud hati mau nge bales comment si niki, tapi yg ada gw malah ngomenin post gw sendiri. aslinya, blm ada pilihan reply di no 1, adanya cuma delete. tapi lagi2 ga gw capture kondisi sebelumnya. Nah, yang di nomer 2 setelah gw benerin. liat kan posisi comment gw ada di bawah comment gw sebelumnya yg nandain gw nge-reply comment yg dimaksud. kalo hasil capture ga jelas, lsg ke  TKP aja.

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...