Thursday, August 2, 2012

Curhatan Mahasiswa tingkat akhir

Yup bener, seiring dengan berjalannya waktu akhirnya gue sampe juga pada saat ini. Dulu, gue pernah bilang gini sama diri gue sendiri, Jangan pernah bilang, "ga kerasa yah, udah semester akhir aja. perasaan baru kemaren ikut ospek." Karena diri gue saat itu lagi susah-susahnya beradaptasi sama lingkungan baru, tanggung jawab baru, teman baru, keluarga baru dll. jadi masa-masa itu ga seharusnya lo lupain begitu aja dengan kata-kata "ga berasa" . Kalo gue ketemu sama diri gue dari masa itu, pasti gue bakalan digebukin sama dia. hahaha... 
Well, inilah gue sekarang, berkutat dengan sesuatu yang udah gue mulai dan harus gue akhiri secepatnya. Dengan temen-temen sekitar yang sama stressnya kaya gue. Thanks ya Allah, mereka semua masih ada di deket gue. Ada suatu proses pendewasaan di masa-masa ini. Biar gw jabarin semuanya ya, 
1. lo harus menyelesaikan suatu tugas / proyek tanpa batas deadline, selesai engganya tugas ini, cepet lamanya lo ngerjain ini tergantung sama diri lo sendiri. Kalo lo cepet nyelesein ini, lo akan bikin orang tua lo bangga dengan gelar yang akan lo dapet, semua perjuangan mereka ngeluarin uang buat biaya kuliah lo berasa kebayar apalagi kalo lo bisa dapet kerjaan bagus dari titel lo itu. Kalo lo nunda-nunda ya semuanya tertunda. 
2. Bakalan ada saatnya ketika lo ngeliat temen-temen lo satu per satu lulus, sedangkan lo ngerasa masih jalan di tempat. Gue pribadi sih ngerasa bodoh banget. kenapa mereka bisa jalan 1 langkah di depan gue? yah, walaupun di sisi lain gue ngerti sih, apa yang gue jalanin sama mereka jalanin itu ga sama. Tapi kalo perasaan kaya gini ditumpuk terus-menerus dalam waktu yang lama, gue rasa bakalan numbuhin perasaan putus asa. So, it's all your choices, you wanna give up or keep on.
3. tekanan dari orang-orang sekitar, yang sekedar nanya atau bahkan nuntut lo harus nyelesein ini semua secepat-cepatnya. kaya pertanyaan-pertanyaan, "udah sampe bab berapa skripsinya?" , " mba Anis, si C itu udah lulus lho, kamu gimana, udah selesai belom TAnya??" , " kapan lulus?? tahun ini bisa?? " , " cepetan dong lulus." Ya Ampuunn.. entah kenapa,  amarah lo seketika bakalan memuncak kalo ditanya soal kaya gini. kayaknya lo mau teriak, bilang ke orang itu. "lo ngerti ga gw lagi ngerjain apa? lo kira TA gw itu PRnya anak TK yang bisa selesai semalam doang? lo  ngerasa ngebantu gw ngerjain ga berani-beraninya nyepelein gw? " Yup, lagi-lagi ini semua jadi keputusan lo mau berubah jadi orang menyebalkan, pendendam, bahkan pembunuh (lebayy) atau lo anggap itu semua sebagai motivasi untuk maju dan menghadapi semuanya dengan senyuumm :) face it with smile, dear. Tapi untungnya sampe saat ini gw masih bisa nahan emosi, paling-paling cuma nutup telpon mereka atau ninggalin mereka pas mereka belom nyelesein omongannya. hahahaaa... just kidding. 
(Keep reading guys...)


Kaya lirik lagunya Tyler Hilton yang judulnya Keep on:
When you lose what you love, live on live on
When the road gets too rough, just be strong be strong
And when you can't understand, but you're starting to see, 
it'll work in the end
You just got to believe, keep on keep on
Yeah, it'll work in the end. Pas banget buat nemenin mahasiswa tingkat akhir kaya gw. Ada juga Tumblr Fuck yeah mahasiswa yang dulu sering gw baca sambil gw ketawain isinya, dan sekarang masih ga jauh beda, cuma kalo sekarang ngetawainnya sambil nangis. *Sigh*
ini ada beberapa dari sekian banyak kata-kata, ga semuanya memotivasi jg sih. tapi kedengan lebih bersahabat aja sama gw (mahasiswa tingkat akhir) :
Gue banget!
Udah kakaaaa :D
Aminnnnn...
Pokoknya tahun ini bulan Ramadhan yang bakalan gue inget banget deh. secara gw harus sahur sama buka sendirian di Bandung. siang ke kampus ngerjain TA, 'gangguin' dosen-dosen pembimbing yang Alhamdulillah bersedia dengan senang hati buat ngebantu gw yang rada-rada bebel ini. Pokoknya jangan macem-macem deh sama mahasiswa tingkat akhir, mereka adalah makhluk-makhluk yang sangat amat membutuhkan dukungan moril untuk kelangsungan hidup mereka. jadi jangan bilang lebay kalo di buku skripsi biasanya ada bagian terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bla bla bla ... karena bagian itu pasti bagian yang mereka tulis paling sepenuh hati. :)

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...