Saturday, November 10, 2012

Mlaku-mlaku ning Jogyakarta

Waktu gue mudik ke Solo kemaren, gue sempetin ngebolang ama sodara-sodara gue yang TOP abiess. yah,, walopun Solo-Jogya jaraknya deket dan cuma seharian penuh. tapi tetep aja gue nyebut itu travelling. hahahaaa... #Plak
Oke, awal ceritanya setelah kita semua mensortir dari sekian banyak sodara gue di Solo siapa2 aja yang mau, bisa dan boleh ikutan, dengan kriteria antara lain berbadan sehat, udah akhil baliq, gokil, berjiwa petualang yang tinggi, dan segudang kriteria lainnya akhirnya terkumpullah 8 manusia di bawah ini: 
Kita berangkat dari stasiun Purwosari di Solo jam 9 pagi. naik kereta ekonomi Prameks. 10 ribu rupiah saja harga tiketnya. jangan harap kita bakalan dapet tempat duduk didalem. ga akan. keretanya penuh banget men. bukan cuma karena musim liburan, tapi emang hari biasa juga udah penuh, dan stasiun purwosari itu bukan stasiun awal buat ni kereta. jadi waktu kita masuk, keretanya emang udah penuh sama orang-orang dari stasiun sebelumnya. Tadinya kita mau naik rail bus, cuma karena kita ga tau jadwalnya, jadi kelewatan deh keretanya padahal sharusnya kita bisa nik ituu. Buat naik kereta ini ada baiknya kita harus tau dulu jadwal keberangkatannya. soalnya loketnya baru dibuka 1 jam sebelum kereta dateng, jadi harus cepet-cepetan sebelum keabisan tiket. dan ternyata kita juga bisa duduk lho di dalem keretanya. lesehan tapi. hahahaa... setelah kurang lebih 2 jam di dalem kereta (kalo ga salah inget) akhirnya kita sampe di Jogyaaaa!!!!!!
Begitu kita keluar dari stasiun, kita langsung disambut sama tugu kereta dan jl malioboro yang legend banget itu lhooo. dari sini kita langsung naik becak. biasanya mereka nawarin paketan gitu ke toko bakpia, kaos2 dagadu, sama ke keraton. tarifnya 15-25ribu per becak. tergantung skill kita nawar ama tempat2 apa aja yang mau kita kunjungin. selain becak ada juga andong, bendi, or apalah sebutannya. di setiap daerah beda soalnya. tapi kalo naik andong lebih mahal tarifnya.
Menurut gue, tempat yang wajib kita datengin waktu travelling ada tempat yang menjadi ciri khas dari daerah itu. dan kalo lo travelling ke daerah jawa, keraton-keraton di setiap daerah itu otomatis banget kudu disantronin duluan. buat masuk ke keraton jogya ini tiap orang dikenakan biaya 5ribu per orang untuk turis domestik dan 12 ribu untuk turis mancanegara. (lagi-lagi kalo ga salah inget, dan htm ini bisa berubah sewaktu-waktu) kalo lo datengnya rombongan, bakalan ada guide yang siap memandu selama lo ada di dalem.
nah, dari keraton kita jalan deh tuh ke alun2. walaupun jaraknya jauh, tapi sepanjang perjalanan kita bisa ngelewatin perkampungan yang menurut gue warga-warganya pastinya kreatif abis, taman sari, reruntuhan2 ga tau apaan namanya pokonya bagus bgt buat foto-foto, terus ada juga lorong bawah tanah yang di dalemnya menunggu seniman jalanan yang siap menghibur kita dengan lagu-lagunya. Sampe di alun-alun lo wajib banget nyoba ngelewatin 2 pohon beringin yang ada disana. konon katanya, yang bisa lewat diantara 2 pohon itu dengan mata tertutup, keinginan lo akan terkabul. and i did it di percobaan pertamaa. wohooooo... sayangnya, gw lupa make a wish. hemm,,, agak dodol di bagian ini. karena tadinya gue ga tau maksud dan tujuannya ngelewatin 2 pohon itu. gw taunya pokoknya hebat aja kalo bisa. soalnya sodara2 gw kayaknya susah bener ngelewatinnya. abis dari alun2 kita langsung cus balik ke malioboro. karena udah sore juga. dari alun2 ke malioboro kita bisa naik becak. bayarnya 15 ribu perbecak. 
Apesnya hari itu kita ketinggalan kereta buat pulang. tiket kereta langsung abis bersih, padahal belom ada 10 menit loket dibuka. nyari2 hotel full semua. maklum, masih masa liburan lebaran. jadi pelajaran nih, besok2 ga cukup banget deh sehari doang nelusurin jogya. kalo bisa begitu touch down di jogya langsung cari penginapan. sebisa mungkin kita minta rekomendasi terpercaya dulu. soalnya, penginapan2 di jogya ga semuanya aman. apalagi yang bentuknya bukan hotel ya. meskipun cari yang murah, tapi keamanan tetep numero uno kan guys?! tips lainnya, kalo niat mau jalan-jalan di sini pake sepatu yang nyaman. gw sangat tidak menyarankan pake sepatu kets or sneakers. karena kaki lo bakalan cepet capek dan ga menutup kemngkinan bakalan lecet-lecet nantinya. kalo buat cewek sih mending pake sendal jepit ato spatu flat yg gampang dicopot waktu lo mulai capek. 
Masih banyak banget tempat di jogya yang ga sembet gue kunjungin waktu itu. maybe next time gue bener-bener akan nge-hatamin se antero jogya. amin..

2 comments:

  1. Great post! I love it! ^^ You have a nice blog, mind to follow each other? :)

    BLOG | TWITTER | TUMBLR

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...