Tuesday, April 8, 2014

Surat Keterangan Catatan Kepolisian

Untuk kalian fresh graduate yang lagi jadi job seeker pastinya akan familiar dengan surat satu ini. SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) atau yang dulunya disebut SKKB (Surat Keterangan Kelakuan Baik) adalah surat yang diterbitkan oleh Polri untuk menunjukkan record kejahatan seseorang atau sebaliknya. Nah, surat ini biasanya dijadikan sebagai salah satu persyaratan yang wajib dimiliki seseorang untuk melamar pekerjaan di  beberapa perusahaan besar seperti perusahaan-perusaan BUMN. Untuk itu, ada baiknya kita mempersiapkan surat yang satu ini atau setidaknya mengetahui cara pembuatannya untuk antisipasi jika surat ini dipelukan mendadak karena surat ini tidak bisa didapatkan dengan cara instan dan tidak bisa diwakilkan pembuatannya. 

Pertama-tama kita harus tau tujuan kita buat surat ini, Seriously, dalam kasus ini, kita butuh untuk keperluan melamar pekerjaan, oke. di perusahaan apa? swastakah atau BUMN? ini harus jelas disebutkan.

Dokumen yang diperlukan :
1. fotocopy ktp
2. fotocopy KK
3. Fotocopy akta kelahiran
4. Surat keterangan dari RT, RW dan surat pengesahan dari kelurahan setempat
5. Foto 4x6 sebanyak 4 lembar.

Tahap 1. Membuat Surat Pengantar RT, RW dan surat pengesahan
Untuk tahap ini, kita harus menyerahkan Fotocopy KTP,  Fotocopy akta kelahiran dan Fotocopy KK ke RT setempat untuk mendapatkan surat pengantar dari RT dan RW yang kemudian kita bawa ke kelurahan untuk disahkan. Ribet?? Not Really. Untuk mempersingkat waktu, kita bisa minta tolong ke RT setempat untuk mengurus surat-surat ini sampai kita dapat surat pengesahan dari kelurahan. karena di tahap ini kita tidak perlu terlibat langsung. Jangan lupa, kita harus jelas menyebutkan tujuan kita membuat surat ini, untuk perusahaan BUMN atau swasta, ini akan dipertanyakan di kelurrahan dan kepolisian nantinya. Biaya administrasi?? 0 - 15 ribu rupiah. Ketika saya membuatnya di bulan februari tahun ini, saya tidak dikenakan biaya apapun sampai tahap ini. kecuali uang rokok untuk pengurus RT yang saya mintakan tolong. Namun, untuk daerah Bandung sekitar tahun 2012, saya ingat dikenakan biaya sekitar 15 ribu rupiah di kelurahan. (fyi, ane bukan calo SKCK ya, cuma bantuin sodara ane)

Tahap 2. Membuat SKCK di kantor POLRI setempat
Yang harus disiapkan pulpen, ftocopy ktp, foto 4x6 4 lembar dan surat-surat pengantar dari tahap 1. semua dokumen diserahkan pada petugas. Di tahap ini, kita harus mengisi form terlebih dahulu, lumayan banyak, 2 sampai 3 lembar, lupa persisnya, seperti ini formnya:
Setelah selesai, form ini kita berikan lagi ke bapak polisi yang bertugas, kemudian beliau akan membuatkan SKCK kita dan mengambil cap 10 sidik jari kita. karena itu, tahap terakhir ini tidak boleh diwakilkan. prosesnya lumayan cepat, bahkan jauh lebih cepat dari pengisian form. Dikenakan biaya administrasi 10 ribu rupiah di tahap ini. Sekedar sharing informasi dan pengalaman, untuk wilayah Bandung sekitar tahun 2012 yang lalu, tidak diperlukan cap sidik jari. Oleh karena itu, saya bisa mewakilkan sepupu saya untuk membuat surat ini. Entah ada perbedaan sistem di setiap daerah atau bagaima, saya juga kurang tau. 
Seperti surat-surat resmi lainnya, SKCK pun ada masa berlakunya, yaitu 3 bulan. setelah itu, jika kita masih membutuhkannya, kita hanya tinggal memperpanjang di kantor polri setempat. jelasnya di gambar bawah ini:
Semoga bermanfaat :)

1 comment:

  1. SITUS TARUHAN ONLINE DENGAN KEMUDAHAN MENANG YANG NYATA.
    1 USER ID 7 PERMAINAN
    MINIMAL DP/WD SANGAT TERJANGKAU, HANYA 15RIBU
    BONUS TERBESAR HANYA UNTUK ANDA SEUMUR HIDUP

    RASAKAN SENSASI KEMENANGAN YANG MENGGENTARKAN JIWA DAN RAGA HANYA DI :
    AgodaPoker

    CS 24 JAM :
    PIN BB : D8E1C080
    LINE : agodapoker
    WA : +85587228012

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...